Pemerkosa Bocah 6 Tahun Diserahkan ke Kejari Jayapura

YMK dengan menggunakan penutup wajah ketika anggota Polisi berhasil mengamankannya pada Selasa (28/11/2017). (foto Elfira/Cepos)

JAYAPURA – Setelah dinyatakan lengkap, berkas perkara dan YMK (28) pelaku pemerkosa bocah berumur 6 tahun di BTN Tanah Hitam dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Jayapura, Jumat (26/1).

Kasubag Humas Polres Jayapura Kota Iptu Jahja Rumra menuturkan, penyerahan berkas dan pelaku itu oleh Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Jayapura Kota.

“Tersangka beserta barang bukti berupa 1 lembar baju terusan warna kuning, 1 lembar baju kaos dalam warna putih, 1 lembar celana dalam warna merah, 1 lembar celana legging motif batik warna warni dan 1 unit sepeda motor Yamaha Mio dengan nomor polisi DS 2610 QB kepada JPU,” ucap Jahja.

Dia mengatakan, kasus tersebut sudah lama ditunggu-tunggu publik terkait dengan penanganannya termasuk keluarga korban sendiri.

“Setelah penyidikan dinyatakan lengkap kemudian diturunkan P21, kemudian penyidik kami menindaklanjuti dengan pengiriman tersangaka dan barang bukti selanjutnya tinggal menungu proses persidangannya di Pengadilan Negeri Jayapura,” ucap Jahja.

Menurutnya, dalam perkara tindak pidana perbuatan cabul terhadap anak sebagaimana dimaksud dalam pasal  81 ayat (1) Undang-undang Republik Indonesia Nomor 17 tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak hukumannya 15 tahun penjara.

“Dengan adanya pelimpahan tersangka beserta barang bukti, saya rasa Jaksa sangat serius untuk menangani kasus ini bahkan Jaksa sendiri sudah lama menunggu pelimpahan kasus ini begitu juga dengan warga Kota Jayapura sendiri mengikuti  perkembangan kasus ini karena perkaranya sangat serius dimana perbuatan pelaku sangat sadis,” terangnya.

Dirinya berharap Jaksa ataupun para hakim bisa menegakan hukum seadil-adilnya kepada pelaku sehingga kemarahan keluarga korban bisa terobati. (fia/lay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *