Masyarakat Papua Minta Jokowi Bebaskan Kaka Bas

Tampak ribuan masyarakat saat melakukan pemasangan lilin sebagai tanda dukungan kepada Kaka Bas untuk dibebaskan di lapangan Theys, Sentani, (27/1). (Noel/cepos)

SENTANI – Ribuan masyarakat Papua lakukan Aksi One Man One Candle For Kaka Bas (Barnabas Suebu) dan For Papua di lapangan Theys, Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu, (27/1).

Aksi itu ditandai dengan pawai masyarakat dengan iringan suling tambur sore kemarin dari pusat kota menuju lapangan Theys Eluay yang dilanjutkan menyalakan lilin, dan pembacaan orasi dari Bupati Kabupaten Jayapura Mathius Awoitauw, Ketua APPTHI (Asosiasi Pimpinan Perguruan Tinggi Hukum Seluruh Indonesia) dan Tokoh Gereja.

Bupati Mathius mengatakan, kedatangan masyarakat di tempat ini guna memberikan suport bagi Kaka Bas dalam kesendirian sebagai tokoh besar Papua yang dilupakan. “Beliau (Kaka Bas) sudah meletakan banyak hal yang menginspirasi bagi generasi di Papua dengan berbagai jabatan dan posisi yang ada, tetapi disaat dia menghadapi saat susah, tidak ada orang Papua yang ada di sekitar dia sehingga menjadi satu pertanyaan besar bagi kita semua?,” paparnya.

“Hari ini kita hadir memberikan dukungan bahwa Kaka BaS tidak sendirian untuk memperjuangkan kebenaran dan keadilan serta hak – hak nya,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Hukum Se Indonesia Dr, ST Laksanto mengatakan, dengan melihat ketidak adilan maka pihaknya bersama para tenaga dosen lainya memilih untuk membantu Kaka Bas.

Selajutnya dalam aksi itu, masyarakat secara tegas memintah agar presiden Joko Widodo dapat membebaskan Kaka Bas agar bisa kembali ke tanah kelahirnya di Papua melalui pemberian  Grasi dari presiden.

Sebelumnya hasil Kajian Majelis Eksaminasi yang dibentuk APPTHI menyimpulkan bahwa putusan pengadilan Tipikor maupun PT terhadap dugaan tindak pidana Korupsi dinilai dipengaruhi opini publik sehingga memilikk banyak kelemahan yang mengurangi kualitas putusan.
Aksi di lapangan Theys  ini diikuti masyarakat, simpatisan,  sahabat, keluarga dan kerabat Kaka Bas, tokoh agama, aktivis, masyarakat yang datang dari berbagai penjuru kota dan kampung-kampung di kabupaten Jayapura dan sekitarnya.
Berita selengkapkapnya dapat dibaca pada Harian Cenderawasih Pos edisi Senin (29/1). (Oel/luc)

4 thoughts on “Masyarakat Papua Minta Jokowi Bebaskan Kaka Bas

  1. Saran, sebelum berita di publikasikan alangkah baiknya di baca dan di edit dulu agar tdk ada huruf yg kurang maupun lebih….

    Dan dgn tdk mengurangi rasa hormat atas postingan berita ini kami ucapkan terima kasih. Salam keadilan….#save_kaka_Bass

  2. Salut untuk semua lapisan masyarakat yg peduli, empati dan terlibat, Bapak MA (Bupati Jayapura), DR. S.T. Laksanto (Ketum APPHTI), dan tokoh gereja.
    #SaveKakaBas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *