Gedung Arsip Daerah Ludes Terbakar

JAYAPURA – Gedung Arsip Daerah Provinsi Papua yang terletak di Buper Waena, Rabu (24/1) sore sekitar pukul 17.30 WIT ludes terbakar. Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut namun dipastikan gedung yang dekat dengan pemancingan ini banyak menyimpan arsip daerah. Polisi dan pemadam kebakaran yang tiba di TKP tak bisa berbuat banyak sebab api sudah terlanjur membesar.
Warga sendiri menyebut jika mereka sempat melihat api menyebar merata. Api berhasil dipadamkan hampir 3 jam kemudian. Namun dari hasil olah TKP hingga kemarin Polisi belum bisa menyimpulkan apakah gedung ini terbakar karena kelalaian atau sengaja dibakar.
Kepala Polisi Subsektor Heram, Iptu Nadek yang dikonfirmasi mengatakan bahwa pihaknya baru mengambil keterangan dari tiga orang, salah satunya Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua, Hans Hamadi.
“Gedung ini sudah lama tak digunakan dan telah direhab tahun kemarin namun rencananya akan difungsikan pada tahun 2018 ini.
Di gedung ini juga sudah lama tak dialiri listrik. Dimana informasinya selama 4 tahun terakhir gedung tersebut tak memiliki jaringan listrik.
“Semua terbakar dengan arsip-arsipnya dan memang tak ada aliran listrik namun tadi kami lakukan olah TKP tapi belum bisa dipastikan penyebabnya,” kata Nadek sore kemarin.
Namun dari kejadian ini ada sejumlah hal yang aneh dimana seluruh jendela keliling terpasang kawat teralis namun ada satu jendela yang teralisnya terlepas dan tegeletak di teras samping sebelah kiri. Kondisi ruangan yang terbakar juga merata.
Terkait ini Nadek juga enggan berspekulasi termasuk soal adanya saksi yang melihat orang tak dikenal membawa jerigen.
“Soal apakah ini dibakar atau terbakar belum bisa kami pastikan, tapi memang di gedung ini tak ada aliran listrik dan kejadian sore hari dengan gedung terkunci, nanti dari Polresta atau Labfor jika menelusuri barulah akan ketahuan,” pungkasnya. (ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *