Catut Nama Kapolres, Minta Belasan Juta

JAYAPURA – Aksi penipuan dengan mengatasnamakan nama pejabat dalam hal ini Kapolres Jayapura Kota kembali terjadi. Kali ini dialami salah satu keluarga tersangka narkotika.
Mereka menjadi korban penipuan hingga belasan juta rupiah oleh pelaku penipuan dengan iming-iming bahwa tersangka Narkotika akan dibebaskan dari jeratan hukum.
Kasubag Humas Polres Jayapura Kota menuturkan, ada dua laporan polisi yang dibuat lantaran menjadi korban penipuan yang mengatasnamakan Kapolres beserta Kasat Reskrim dengan meminta uang hingga belasan juta.
Sementara itu, Kapolres Jayapura Kota, AKB Gustav Urbinas membantah jika dirinya meminta sejumlah uang kepada keluarga pelaku yang terjerat hukum, dengan iming-iming akan membebaskan yang bersangkutan.
“Kasus tersebut merupakan kasus penipuan dengan mengatasnamakan saya, dan kasus ini sedang didalami penyidik Sat Reskrim Polres Jayapura Kota,” jelas Gustav kepada wartawan, Kamis (25/1).
Dia juga mengimbau kepada masyarakat yang ada di Kota Jayapura maupun yang berada di Papua agar tidak mudah mempercayai modus penipuan yang mengatasnamakan pejabat kepolisian.
“Apabila ada oknum pelaku yang mengatasnamakan pejabat entah itu Kapolres maupaun pejabat di lingkungan kepolisian dengan modus meminta uang imbalan dan akan membebaskan saudara mereka yang terjerat kasus, segera konfirmasi ke kantor Polisi ataupun satuan fungsi yang bersangkutan,” jelasnya.
Bahkan, untuk mengantisipasi modus penipuan ini, Kapolres Gustav memberikan nomor telepon selulernya.
“Jika ada orang yang telefon mengatasnamakan saya selain nomor 081240949999 berarti mereka adalah Kapolres banyangan yang ada di dunia maya. Apabila juga ada oknum polisi yang melakukan modus tersebut segera laporkan ke saya, dan kami di Polres Jayapura Kota akan memberikan pelayanan yang terbaik, tidak ada lagi suap-suap pungli, ataupun penyelesaian di luar prosedur atau di luar kantor. Sekarang kami ingin melayani masyarakat untuk mendapatkan kepercayaan,” tegasnya.(fia/lay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *