Tiba di Papua, ini Yang Diajari Gubernur Kepada AHY…….

MEMBERIKAN KULIAH – AHY ketika meemberikan kuliah umum  di Uncen, Waena, Senin (22/1) kemarin. (Gamel/cepos)

JAYAPURA – Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY dalam kunjungannya ke Papua akhirnya tiba di Kampus Uncen Waena pada Senin (22/1). Ia dijadwalkan memberi kuliah umum bagi mahasiswa uncen. Setelah molor dua jam, AHY sekitar pukul 12.00 WIT tiba di gedung Fakultas Tehnik Uncen.

Ia lantas disambut oleh tari-tarian dan digandeng oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe dan Pembantu Rektor IV, Frederik Sokoy. AHY tampak merespon aktif dengan sambutan ini dan sempat berlari lari kecil. Gubernur Lukas Enembe di awal sambutannya menjelaskan bahwa ada sapaan bagi tamu yang dilontarkan dengan kalimat “wa.. wa.. wa..” yang artinya selamat datang dan bentuk penghormatan. “Itu biasa kami di pegunungan yang pakai, ada juga Waniambey, ” kata Lukas.

Penyampaian Lukas ini rupanya diresapi oleh anak Presiden ke 6 RI  ini dan langsung diaplikasikan. “Saya senang berada di Papua awal tahun ini dan saya sampaikan Wa..Wa..Wa..,”ujar AHY yang disambut tepuk tangan. Ia meminta sosok muda, mahasiswa harus keluar dari zona nyaman dan jangan takut gagal. Jangan takut kalah untuk melakukan perubahan ke arah lebih baik. “Saat ini banyak pemimpin dunia yang usianya masih muda, jangan jago kandang tapi harus bisa berbicara lebih luas,” kata AHY.

Suami Aulia Pohan ini juga menyuntik spirit soal olahraga dimana mantan anggota TNI berpangkat Mayor ini menyinggung soal Piala Dunia. “Bukan tidak mungkin jika disiapkan dari sekarang dan siapa yang tak bangga jika ada anak Papua yang masuk Timnas dalam Piala Dunia. Saya tahu persis pemuda Papua memiliki potensi luar biasa. Waktu pendidikan TNI dulu yang lari paling cepat pasti dari Papua karena fisiknya bagus sekali karena punya talenta dan insting tinggal bagaimana disiapkan,” imbuhnya.

Rencananya putra SBY ini akan berada di Papua selama 2 hari dan, Selasa (23/1) besok akan ke SD YPK Bonaventura, Kabupaten Jayapura. (Ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *