Kerja Lebih Baik, Berdayakan dan Sejahterakan Masyarakat

JAYAPURA-Sejalan dengan tema kerja Wali Kota Jayapura tahun 2018 yaitu pemberdayaan dan kesejahteraan OAP (Orang Asli Papua) maka kepala kampung yang ada di Kota Jayapura dituntut untuk memberdayakan dan mensejahterakan masyarakatnya.

Kepala  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kota Jayapura, Drs. Daniel Mano, M.Si., menegaskan bahwa hal ini harus menjadi perhatian serius 14 kepala kampung yang ada di Kota Jayapura.

“Saya minta 14 kepala kampung yang ada di Kota Jayapura untuk bekerja lebih baik lagi dan bisa mendukung visi misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jayapura, yang telah dituangkan dalam tema kerja tahun ini yaitu melakukan pemberdayaan dan kesejahteraan OAP,” ungkap Daniel Mano saat melakukan pertemuan dengan 14 kepala kampung se-Kota Jayapura di kantor DPMK Kota Jayapura, Senin (15/1).

Dijelaskan bahwa pemerintah pusat, Pemprov Papua dan Pemkot Jayapura telah menggelontorkan banyak anggaran di setiap kampung. Dana yang telah digelontorkan tersebut harus bisa diswakelola masyarakat untuk peningkatan pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan maupun pemberdayaan masyarakat kampung, sehingga masyarakat kampung bisa hidup lebih sejahtera, mandiri dan ada pemberdayaan bagi masyarakat kampung.

  “Kepala Kampung harus bisa bekerja dan mau bekerja. Jangan terima uang malah tidak bisa kelola dengan baik, dan pada saat dimintai untuk membuat surat pertanggungjawaban tidak bisa. Hal ini jangan dilakukan lagi tahun ini,” tegasnya.

Daniel Mano kembali mengingatkan bahwa tahun 2017, telah dilakukan penandatangan kerja sama antara Polri dengan kementerian terkait, tentang pengelolaan penggunaan dana desa. Untuk itu, apabila ada oknum kepala kampung yang terbukti menyelewengkan dana desa, maka oknum kepala kampung tersebut langsung diproses secara hukum.   

  “Ini peringatan kepada kepala kampong agar jangan main-main menggunakan dana di kampong. Jika terbukti bersalah tetap akan diproses secara hukum,” tutupnya. (dil/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *