Terkendala Finansial, Persipura Absen di Piala Presiden

ceposonline.com-Keinginan masyarakat Papua agar tim kebanggaannya Persipura Jayapura kembali berlaga di lapangan hijau, nampaknya belum bisa terealisasi. Manajemen Persipura memastikan tidak mengambil bagian dalam Piala Presiden 2018. Persipura terpaksa absen,  mengingat skuad Mutiara Hitam masih membutuhkan banyak dukungan  dana.

   Padahal seperti diberitakan sebelumnya, PSSI telah membagi 20 tim, yang terbagi ke dalam lima grup. Dimana Persipura tergabung di grup B, yang berlangsung di Balikpapan, akan dihuni Mitra Kukar, Martapura FC dan Barito Putera.

  Alasan pertama adalah kondisi financial klub yang hingga saat ini baru mendapatkan suntikan dana dari Bank Papua sebesar Rp 8,5 miliar. “Bagaimana kami mau mengikuti sebuah turnamen kalau kenyataannya kondisi financial klub masih belum jelas,” ungkap Ketua Umum Persipura Benhur Tomi Mano.

  Alasan kedua adalah PT. Liga Indonesia Baru selaku operator kompetisi hingga saat ini belum membayar hak-hak klub. “Hak Persipura yang belum dibayar PT.Liga Indonesia sebesar Rp 20 miliar,”ungkap pria yagn akrab disapa BTM saat ditemui  di Hotel Yasmin Jayapura, Rabu (10/1).

   Pria yang juga Ketua Asprov PSSI Papua  ini mengaku sudah menyampaikan kepada PSSI pusat, jika menggelar Piala Presiden 2018, lunasi dulu hak klub. “Kami sudah sampaikan kepada PSSI melunasi dulu hak klub baru menggelar Piala Presiden,” tegasnya.

  Menurutnya,  hak Persipura yang belum dibayar PSSI adalah hak siar tahun 2016 dan 2017, subsidi klub, hadiah juara U-19 maupun hadiah pemain terbaik U-19. “Kami harapkan bisa segera terbayarkan, itu kan hak klub dan anggaran itu sangat kami butuhkan,” harapnya.

  Tomi Mano menambahkan, Persipura sebenarnya yakin bahwa PT LIB tidak akan lari dari tanggung jawab mereka pada klub. Dia percaya tunggakan subsidi akan segera dibayarkan tetapi pihaknya hanya ingin masalah ini tidak berlarut-larut.

  “Kami yakin dan percaya PT LIB akan tuntaskan persoalan ini. Hanya saja kami berharap tidak dalam waktu yang lama, kami saat ini punya kebutuhan yang mendesak untuk mempersiapkan tim untuk Liga I tahun 2018,”pungkasnya. (yan/tri)

2 thoughts on “Terkendala Finansial, Persipura Absen di Piala Presiden

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *